Langsung ke konten utama

INGREDIENTS

GINGER

Jahe (Zingiber officinale), adalah tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah
Ciri morfologis
           Batang jahe merupakan batang semu dengan tinggi 30 hingga 100 cm. Akarnya berbentuk rimpang dengan daging akar berwarna kuning hingga kemerahan dengan bau menyengat. Daun menyirip dengan panjang 15 hingga 23 mm dan panjang 8 hingga 15 mm. Tangkai daun berbulu halus.
Bunga jahe tumbuh dari dalam tanah berbentuk bulat telur dengan panjang 3,5 hingga 5 cm dan lebar 1,5 hingga 1,75 cm. Gagang bunga bersisik sebanyak 5 hingga 7 buah. Bunga berwarna hijau kekuningan. Bibir bunga dan kepala putik ungu. Tangkai putik berjumlah dua.
Terdapat beberapa hasil pengolahan jahe yang terdapat di pasaran, yaitu:
Jahe keringOleoresin jahe
Awetan jahe
Jahe bubuk
Minyak jahe
Produk Jahe

Di masyarakat barat, ginger ale merupakan produk yang digemari. Sementara Jepang dan Tiongkok sangat menyukai asinan jahe. Sirup jahe disenangi masyarakat Tiongkok, Eropa dan Jepang.

ROSEMARY

Bunga rosemary atau rosmari merupakan tanaman yang sering kita dengar sebagai tanaman yang tahan terhadap hama dan penyakit. Bunga rosemary sering digunakan untuk bahan pembuat teh dan bahan campuran pembuatan makanan dan seringkali digunakan untuk sambal BBQ. Bunga yang memiliki nama ilmiah Rosemarynus Officinalis ini menurut sejarah berasal dari Eropa. Makna bunga rosemary ini dalam hubungan percintaan memilki makna bahwa seseorang memilki memori yang begitu kuat dan tak akan terlupakan. Bentuk bunga rosemary berwarna ungu pucat hingga biru gelap. Tanaman famili lamiaceae ini perlu cukup air dan sinar matahari.


Bentuk daunnya sangat sempit, oval kecil, berujung runcing, dengan warna hijau gelap di atasnya dan keabuan di bawah daun.  Bunga ini dapat tumbuh 1,5-2 m. Habitat bunga rosemary ini daerah pengunungan yang berhawa sejuk dan kering.

Klasifikasi Bunga Rosemary :

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Asteridae
Ordo: Lamiales
Famili: Lamiaceae
Genus: Rosmarinus
Spesies: Rosmarinus officinalis L.

Kandungan Bunga Sosemary :

Chineol
Minyak atsiri,
Borneol
Therein
Champor
Bornyl asetat
Minyak esensial.
Zat besi
Carsonic
Kalsium
Vitamin B6
Manfaat dan Khasiat Bunga Rosemary :
Meningkatkan daya ingat memori otak
Mengandung zat antioksidan yang tinggi untuk mengobati kanker
Memelihara kulit kepala, meningkatkan pertumbuhan rambut tampil lembut dan mengkilap
Menghilangkan Kerut menjadi Kulit Kencang
Mencegah Noda, Jerawat dan Komedo
Membantu mengurangi pengaruh buruk akibat pilek & flu.
Pembersih perabot Rumah Tangga

Catatan :

Rosemary tidak memiliki efek samping tetapi banyak dokter menyarankan agar ibu hamil harus menghindari konsumsi dalam jumlah besar. Hal ini dapat menyebabkan kontraksi rahim dan dalam kasus yang jarang, bahkan keguguran. Hal ini juga dapat menyebabkan peningkatan pada tingkat tekanan darah, sehingga orang-orang dengan tekanan darah tinggi harus menghindarinya.

POTATO

History
Kentang berasal dari Peru dan Bolivia di Amerika Selatan. Pada abad ke-15 orang Spanyol membawanya ke Eropa. Ternyata, kentang bisa tumbuh dengan subur. Pada akhir abad ke-18 kentang sudah menjadi salah satu makanan utama di Eropa, di samping roti. Dari sana kentang menyebar ke jajahan-jajahan negara Eropa sampai tiba juga di Indonesia.
Di Amerika, para petani juga menanam kentang. Namun, di daerah New England kentang merupakan makanan ternak. Lalu, Thomas Jefferson menjadi duta Amerika di Prancis. Di tempat ia bertugas ini, Jefferson sangat suka pada kentang goreng gaya Prancis (french fries). Sepulang dari Prancis, tokoh terkemuka Amerika itu sering menyuguhkan french fries kepada tamu-tamunya. Akibatnya, gengsi kentang naik. Apalagi, Jefferson kemudian menjadi Presiden ketiga Amerika Serikat.
Suatu hari di tahun 1853, seorang pria memesan french fries di sebuah restoran anggun di Moon Lake Lodge,Saratoga Springs, Amerika Serikat.
Koki restoran itu, seorang Indian bernama George Crum, membuatkan french fries yang diiris tebal seperti biasa. Ternyata, tamu itu tidak puas. "Irisannya terlalu tebal!" katanya. Pelayan mengembalikan kentang goreng itu ke dapur. Koki terpaksa menyiapkan yang baru.
Kentang diirisnya lebih tipis. "Bagaimana sih, saya 'kanminta yang tipis!" kata tamu itu ketika kentang goreng kedua dibawakan. George Crum jadi kesal.

Nutrition
Jumlah Kandungan Energi Kentang = 83 kkal
Jumlah Kandungan Protein Kentang = 2 gr
Jumlah Kandungan Lemak Kentang = 0,1 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Kentang = 19,1 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Kentang = 11 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Kentang = 56 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Kentang = 1 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Kentang = 0 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Kentang = 0,11 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Kentang = 17 mg
Khasiat / Manfaat Kentang : - (Belum Tersedia)
Huruf Awal Nama Bahan Makanan : K
Sumber Informasi Gizi : Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber lainnya
Function
1. mencengah kanker
2.mengurangi kadar kolesterol
3.mengurangi resiko terkena batu ginjal
4.mencengah kesehatan tulang
5.menurunkan tekanan darah tinggi
6.menjaga kesehatan jantunh
7. membentuk dan membangun sel
8. kesehatan saraf dan otak

Komentar

Postingan populer dari blog ini

JALANG KOTE DAN PECO DOANG

     Selasa pagi saya pergi ke kampus, dan minggu ini adah minggu praktik buat kelasku. Setelah di kampus ternyata kelompok saya mendapat tugas membuat jalangkota dan peco doang (appetaiser).     1.) Cara untuk membuat jalangkote adalah: Pertama tumis bawang putih dan merah yang telah di chop hingga aramanya harum, kemudian masukkan daging cincang dan tumis hingga dagingnya matang lalu masukkan wartel, kentang dan latsa, tumis hingga semua bahan tercampur rata. Kemudian tunggu higga agak dingin. Sambil menunggu dingin kita buat kulitnya, adapun bahannya: soft flor, telur, santan, garam dan minyak panas. Campur semua bahan sampai rata dan kaliskan, setelah kalis tipiskan adonan menggunakan roll dan potong adonan berbentuk bulat. Dan bungkus isinya menggunakan kulit yang telah disiapkan dengan cara, lipat ujung kulit berbentuk krinci. Jalangkote siap untuk digoreng.      -Bagaimana Membuat Sauce Jalangkote: Pertama-tama siapkan bawang merah dan putih yang telah dicincang, lalu tu

08 Maret 201, KONRO BAKAR

     Hy sahabat, menu hari ini yaitu Konro Bakar yang berasal dari Makassar. Konro bakar sendiri menggunakan bahan dasar iga sapi, yang nantinya lumuri sauce kacang di atasnya sehingga menamba cita rasa dan nilai gizi dari konro bakar itu sendiri, dalam penyajiannya tulang dan daging masih menyatu dan itu adalah ciri khas tersendiri dari konro bakar.      Konro bakar sangat populer di Makassar, karena rasanya yang lezat dan bumbunya yang relatif kuat. Dalam pembuatan konro bakar menggunakan waktu yang cukup lama, karena mempunyai beberapa tahapan diantaranya, iga sapi yang telah dipotong akan ditaburi bawang putih cincang dan didiamkan kurang lebih dua jam, kemudian dimasak bersama bumbunya hingga dangingnya empuk dan bumbunya betul-betul meresap kedalam iga sapi, dan tahap selanjutnya pembakaran agar iga sapinya kelihatan kering. Dan perlu sahabat ketahui salah satu bahan bumbu yang menyebabkan konro bakar berwarna gelap yaitu kluwek /kloak, yang memang mempynyai warna dasar hitam