Langsung ke konten utama

LOCAL FOOD

PALEKKO

Nasu Palekko adalah salah satu kuliner khas suku Bugis yang terbuat dari Daging Bebek yang dipotong-potong kecil seperti dicincang, atau disebut Daging Bebek Cincang. Dimana dalam proses pembuatannya, daging bebek yang sudah disembelih dan dikuliti serta dicincang lalu dicuci bersih. Kemudian diberi cuka atau jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis-nya.
Adapun bumbu-nya terdiri dari cabai, bawang merah, bawang putih, jahe, sereh , garam, bumbu rempah-rempah lainnya serta cuka,. Biasanya, cuka yang digunakan adalah cuka yang terbuat dari mangga muda. Cuka dan bawang putih atau jeruk nipis biasanya digunakan juga untuk menghilangkan bau amis pada daging. Kemudian bumbu tersebut di giling halus lalu dicampur potongan daging bebek sebelum dimasukkan kedalam penggorengan yang kemudian diaduk hingga matang untuk disajikan.
Nasu Palekko umumnya memiliki rasa yang cukup pedas dan bisa membuat merah telinga serta mempunyai aroma tersendiri karena menggunakan minyak goreng yang berasal dari lemak kulit bebek itu sendiri. Rasa pedas pada Nasu Palekko ini biasanya sudah tercium dari jarak jauh aromanya yang menyengat dan sungguh menggoda iman untuk menikmatinya.
Nasu Palakko’, masakan khas bugis, kususnya di daerah Sidrap dan Pinrang, Sulawesi Selatan. Penggemar bebek pasti akan menyukai masakan ini. Daging bebeknya empuk, tidak amis dan kaya bumbu. Yang istimewa lagi dari bebek ini adalah, rasanya yang luar biasa pedas… membakar mulut !!! Bebek yang dimasak bumbu pedas ini, dipotong kecil-kecil, isinya terdiri dari leher, kepala dan jeroan bebek. Kaya bumbu khas bugis, super pedas, lebih pedas dari bebek goreng yang ada di Bukan Bebek Biasa.

BAHAN
1.1 ekor itik, dicincang sebesar dadu (bagusnya itik muda).
2.1 sendok makan merica bubuk (sesuai selera)
3.1 genggam cabe rawit (sesuai selera) ditumbuk hingga halus
4.3 Lembar daun salam kering
5.1,5 liter air bersih
6.Garam, vetsin secukupnya (sesuai selera).
7.Bawang merah, bawang putih secukupnya
8.Paccukka (bagusnya gunakan asam jawa)

Cara Membuat
1.Cincang itik atau potong kecil-kecil, sedangan kulit nya jangan dibuang karena bisa ditumis dan kulitnya itu bisa mengeluarkan minyak yang bisa dipakai untuk menumis bumbunya. baiknya kulit ini setelah digoreng dengan menggunakan lemaknya sendiri ditiriskan,kemudian sisa minyaknya dipakai untuk bumbu.

2.Bumbu seperti bawang merah, merica, garam, cabai merah dihaluskan,, sebenarnya lebih enak tak pakai bawang putih sebab menimbulkan bau yang kurang enak..tapi jika mau bisa juga dimasukkan kedalamnya.

3.Asam jawa di hancurkan dengan sedikti air, kemudian itik di campur dengannya. asam ini berfungsi sebagai penghilang bau amis juga sebagai pemberi rasa asam pada itik

4.Tumis bumbu sebentar dengan minyak dari lemak yang dihasilkan kulit itik, kemudian masukkan itik yang telah bercampur dengan cuka didalamnya.

5.Tambahkan air, aduk sampai rata, jangan lupa tambahkan cabe, tambahkan lagi, tambahkan lagi dan tambahkan lagi, makin pedas makin mantap (sesuai dengan selera)

6.Masak hingga bumbunya meresap dan mengering. Tiriskan dan hidangkan dengan nasi panas.

SOUP BUNTUT


 Sup buntut adalah variasi sup Heinz yang terkenal di Britania Raya. Sup ini dulunya pernah dikalengkan di Amerika Serikat dan diproduksi oleh Campbell Soup Company.
Sup buntut dibuat dengan ekor sapi. Sedikitnya ada lima versi sup buntut yang populer di seluruh dunia: makanan tradisional Korea, makanan Cina yang lebih mirip semur, ekor sapi goreng/panggang dicampur dengan berbagai variasi sup merupakan makanan populer di Indonesia, makanan etnis Amerika Serikat Selatan yang sudah ada sejak periode sebelum perang revolusi, dan sup kuah tebal dan gurih yang populer di Britania Raya sejak abad ke-18. Sup buntut Kreol dibuat dari tomat dengan ekor sapi, kentang, kacang hijau, jagung, mirepoix, bawang putih, dan rempah-rempah.

SEJARAH SOUP BUNTUT
Dari artikel yang saya baca, sejarah Sop Buntut sendiri sebenarnya terdiri dari banyak macam versi, ada yang dari Cina, Korea hingga populer di Indonesia. ada juga yang mengatakan bahwa Sop Buntut merupakanmakanan etnis Amerika bagianSelatan yang sudah ada sejak periode sebelum perang revolusi, dan sup kuah tebal dan gurih yang populer di Britania Raya sejak abad ke-18. Sup atau Sop buntut Kreol dibuat dari tomat dengan ekor sapi, kentang, kacang hijau, jagung,bawang putih, dan rempah-rempah. tentunya setiap daerah punya cirikhas tersendiri.
macam-macam versi lain memang berbeda, apalagi Indonesia memang kaya akan rempahnya. Dan saya sangat yakin bahwaSop Buntut termasuk kuliner asalIndonesia yang mendunia dengan ciri khas bumbu rempah. Di beberapa berita pernah dimuatbahwa sebuah acara untuk memperkenalkan masakan khas Indonesia diselenggarakan oleh kedutaan besar Republik Indonesia di Madrid Spanyol. Salah satu menunya adalah sop buntut, ternyata acara ini mendapatkan respon yang positifdari para tamu undangan. Chef asal Indonesia yang bekerja di Kedutaan RI menyajikan makanan khas Indonesia diacara tersebut.Setidaknya terdapat 300an orang yang menikmati makanan khas Indonesia dan jatuh hati pada sop buntut Racikan bumbu dan rempah Sop Buntut Indonesia dengan yang pernah dikatakan dari berbagai tersebut.

KANDUNGAN GIZI SOUP BUNTUT
Seperti yang kita ketahui bahwa bahan dasar dari Sop tersebut adalah buntut Sapi , sayuran seperti wortel, kentang dan tomat. Dari buntut sapinya saja sudah mengandung kalori, protein , karbohidrat , lemak, kalsium,fosfor dan zat besi. Belum lagi sayuran seperti Wortel yang mengandung vitamin A, berfungsi sebagai ( sayuran anti kanker, jantung lebih sehat, betakarotin untuk mata dan sebagainya), Lalu Kentang mengandung vitamin C dan B Kompleks yang bermanfaat untuk (Meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh, menurunkan tekanan darah, mengoptimalkan fungsi otak dan membantu menurunkan berat badan) dan Tomat mengandung Vitamin C dosis tinggi sehingga dapat (meremajakan kulit, menormalkan tekanan darah,mencegah sembelit dan juga depresi). Jadi tidak heran jika Sop Buntut adalah kuliner yang bergizi tinggi untuk di konsumsi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

JALANG KOTE DAN PECO DOANG

     Selasa pagi saya pergi ke kampus, dan minggu ini adah minggu praktik buat kelasku. Setelah di kampus ternyata kelompok saya mendapat tugas membuat jalangkota dan peco doang (appetaiser).     1.) Cara untuk membuat jalangkote adalah: Pertama tumis bawang putih dan merah yang telah di chop hingga aramanya harum, kemudian masukkan daging cincang dan tumis hingga dagingnya matang lalu masukkan wartel, kentang dan latsa, tumis hingga semua bahan tercampur rata. Kemudian tunggu higga agak dingin. Sambil menunggu dingin kita buat kulitnya, adapun bahannya: soft flor, telur, santan, garam dan minyak panas. Campur semua bahan sampai rata dan kaliskan, setelah kalis tipiskan adonan menggunakan roll dan potong adonan berbentuk bulat. Dan bungkus isinya menggunakan kulit yang telah disiapkan dengan cara, lipat ujung kulit berbentuk krinci. Jalangkote siap untuk digoreng.      -Bagaimana Membuat Sauce Jalangkote: Pertama-tama siapkan bawang merah dan putih yang telah dicincang, lalu tu

08 Maret 201, KONRO BAKAR

     Hy sahabat, menu hari ini yaitu Konro Bakar yang berasal dari Makassar. Konro bakar sendiri menggunakan bahan dasar iga sapi, yang nantinya lumuri sauce kacang di atasnya sehingga menamba cita rasa dan nilai gizi dari konro bakar itu sendiri, dalam penyajiannya tulang dan daging masih menyatu dan itu adalah ciri khas tersendiri dari konro bakar.      Konro bakar sangat populer di Makassar, karena rasanya yang lezat dan bumbunya yang relatif kuat. Dalam pembuatan konro bakar menggunakan waktu yang cukup lama, karena mempunyai beberapa tahapan diantaranya, iga sapi yang telah dipotong akan ditaburi bawang putih cincang dan didiamkan kurang lebih dua jam, kemudian dimasak bersama bumbunya hingga dangingnya empuk dan bumbunya betul-betul meresap kedalam iga sapi, dan tahap selanjutnya pembakaran agar iga sapinya kelihatan kering. Dan perlu sahabat ketahui salah satu bahan bumbu yang menyebabkan konro bakar berwarna gelap yaitu kluwek /kloak, yang memang mempynyai warna dasar hitam