Langsung ke konten utama

INGREDIENTS

 1. BAWANG BOMBAY
  Nah, bawang bombay juga termasuk ke dalam jenis bawang yang paling sering kita pakai untuk memasak. Dibanding bawang merah, bawang bombay memiliki ukuran yang jauh lebih lebih besar dengan bentuk agak lonjong. Bawang bombay dibungkus oleh cangkang lunak berwarna cokelat tua.
     Umbi bawang bombay berwarna putih kekuningan dengan diameter yang tebal. Olahan populer dari bawang bombay adalah onion ring. Tapi bawang bombay juga sering digunakan untuk menumis atau disajikan mentah dalam salad karena rasanya yang cenderung manis.

2. MOSTER/MUSTART

     Moster atau mustar (Belanda mosterd;Inggris mustard) adalah salah satu rempah-rempah yang berasal dari biji tanaman sesawi(beberapa jenis Brassica dan Sinapis) yang dihaluskan, sebelum diencerkan dengan air dan ditambah bahan-bahan lain. Rempah ini memiliki rasa agak pedas dan agak menyengat dilidah dan langit-langit mulut yang agak mirip dengan wasabi. Moster telah lama menjadi penyedap dalam khazanah boga Eropa.
     Moster siap pakai berupa cairan kental berupa pasta atau saus berwarnakuning atau kuning kecoklatan dengan rasa tajam, dibuat dari biji moster yang dihaluskan sebelum diencerkan dengan air, cuka dan ditambah bahan-bahan lain seperti tepung.
     Moster kadang-kadang memiliki rasa sangat kuat dan bila dimakan berlebihan bisa menyebabkan orang yang memakan mengeluarkan air mata, membuat langit-langit mulut terasa panas dan merangsang jalur pernapasan. Sebagian orang perlu beberapa kali mencicipi moster sebelum terbiasa dan bisa menikmati rasa mustar, walaupun banyak juga orang yang tidak suka.

3. WORTEL

Wortel yang memiliki nama latin Daucus carota adalah tumbuhan sayur yang ditanam sepanjang tahun. Terutama di daerah pegunungan yang memiliki suhu udara dingin dan lembab, kurang lebih pada ketinggian 1200 ineter di atas permukaan laut. Tumbuhan wortel mernbutuhkan sinar matahari dan dapat turnbuh pada sernua musim. Wortel mempunyai batang daun basah yang berupa sekumpulan pelepah (tangkai daun) yang muncul dari pangkal buah bagian atas (umbi akar), mirip daun seledri. Wortel menyukai tanah yang gembur dan subur.

KANDUNGAN PADA WORTEL
Vitamin A 12000 SIkalori 42 kaloriprotein 1,2 gramlemak 0,3 gramhidrat arang 9,3 gramkalsium 39 miligramfosfor 37 miligramzat besi 0,8 miligramvitamin B 1 0,06 miligramvitamin C 6 miligram

JENIS-JENIS WORTEL
Menurut para botanis, wortel (Daucus carota) dapat dibedakan atas beberapa jenis, di antaranya:
– jenis imperator, yakni wortel yang memiliki umbi akar berukuran panjang dengan ujung meruncing dan rasanya kurang manis.
– jenis chantenang, yakni wortel yang memiliki umbi akar berbentuk bulat panjang dan rasanya manis.
– jenis mantes, yakni wortel hasil kornbinasi dari jenis wortel imperator dan chantenang. Umbi akar wortel berwarna khas oranye.

MANFAAT DAN KEGUNAAN
Wortel tidak hanya digunakan sebagai sayuran untuk memasak. Tapi juga wortel dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai penyakit. Berikut ini manfaat wortel untuk kesehatan serta cara pemakaiannya:

1. Kejang Jantung
Bahan: umbi wortel, 2 sendok madu, dan 1 potong gula aren;
Cara membuat: wortel diparut dan diperas dengan 2 gelas air, kemudian dioplos dengan bahan lainnya sampai merata;
Cara menggunakan: diminum 1 kali sehari.
2. Eksim
a. Bahan: 1 umbi wortel dan 1 sendok teh kapur sirih;
Cara membuat: wortel diparut dan dicarnpur dengan kapur sirih sampai merata;
Cara menggunakan: ditempelkan pada bagian yang sakit dan dibalut dengan verban.
b. Bahan: 3 umbi wortel;
Cara membuat: diparut dan disedu dengan 2 gelas air masak;
Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari.
3. Cacing Kremi
Bahan: 5-7 umbi wortel, garam dan santan kelapa secukupnya;
Cara membuat: wortel diparut, kemudian ditambah dengan bahan lainnya;
Cara menggunakan: diperas dan disaring, kemudian diminum menjelang tidur malam.
4. Mata Minus
Bahan: umbi wortel secukupnya;
Cara membuat: diparut dan diperas untuk diambil airnya;
Cara menggunakan: diminurn setiap pagi hari secara teratur.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

JALANG KOTE DAN PECO DOANG

     Selasa pagi saya pergi ke kampus, dan minggu ini adah minggu praktik buat kelasku. Setelah di kampus ternyata kelompok saya mendapat tugas membuat jalangkota dan peco doang (appetaiser).     1.) Cara untuk membuat jalangkote adalah: Pertama tumis bawang putih dan merah yang telah di chop hingga aramanya harum, kemudian masukkan daging cincang dan tumis hingga dagingnya matang lalu masukkan wartel, kentang dan latsa, tumis hingga semua bahan tercampur rata. Kemudian tunggu higga agak dingin. Sambil menunggu dingin kita buat kulitnya, adapun bahannya: soft flor, telur, santan, garam dan minyak panas. Campur semua bahan sampai rata dan kaliskan, setelah kalis tipiskan adonan menggunakan roll dan potong adonan berbentuk bulat. Dan bungkus isinya menggunakan kulit yang telah disiapkan dengan cara, lipat ujung kulit berbentuk krinci. Jalangkote siap untuk digoreng.      -Bagaimana Membuat Sauce Jalangkote: Pertama-tama siapkan bawang merah dan putih yang telah dicincang, lalu tu

07 Maret 2018

Hy teman, sahabat, saudaraku... Hari ini saya akan berikan sedikit kepada kalian tentang apa itu perkedel kentang, ikan cuka , dan soto padang . -PERKADEL KENTANG      Istilah perkedel berasal dari Bahasa Belanda " frikadel"  tidak heran jika masakan ini ada juga di Belanda karena Belanda pernah menjaja kita. Di Belanda membuat perkedel menggunakan bahan baku daging cincang, sedangkan di Indonesia menggunakan kentang.  * Cara membuat perkadel kentang : 1. Potong kentang terlebih dahulu, goreng hingga empuk, 2. Haluskan bumbuh putih, 3. Haluskan kentang yang telah digoreng, 4. Berikan garam dan selada sesuai selera, 5. Campur hingga rata, 6. Bentuk sesuai selera yang diinginkan, 7. Celupkan terlebih dahulu kedalam kocokan telur dan goreng hingga matang, 8. Perkedel kentang siap disajikan 😊😊  Perkadel kentang -IKAN CUKA Ikan Cuka atau Ikan Cuko ini berasal dari Padang, yang menggunakan ikan sisiak  sejenis ikan tuna kecil yang terdapat di pasaran Kota Pada